Memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi merupakan impian semua orang, karena dengan pendapatan tersebut bisa melakukan apapun sesuai dengan keinginan. Namun dalam kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, karena tidak semua profesi memberikan imbalan yang banyak atau besar setiap bulannya.


Jadi sudah menjadi hal wajar ketika setiap orang menerima gaji berbeda setiap bulannya sesuai dengan apa yang dikerjakan. Lalu, apa saja pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja profesi tersebut.

Umumnya imbalan yang didapatkan oleh setiap orang berbeda itu dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti pekerjaan apa yang dilakukan, melihat tingkat kesulitan atau bisa pula dari seberapa lama orang melakukan.

Sering orang berfikir pendidikan terakhir menjadi salah satu faktor penunjang, tidak salah namun tidak selalu benar pula. Terbukti tidak sedikit pula orang dengan pendidikan tinggi di upah dengan minimal sesuai dengan perusahaan. Lalu, seberapa besar batasan gaji yang dikatakan banyak dan yang dikatakan kecil?

Apa Itu Gaji?

Sebelum membahas mengenai pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia ada baiknya untuk mengulik mengenai gaji yang sesungguhnya. Gaji atau sering disebut pula dengan salary merupakan bentuk pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada para pekerja atau karyawan dengan dimana terdapat berbagai komponen untuk menyusunnya.

Tentu hal itu dilakukan atas persetujuan dari berbagai kedua belah pihak dengan kontrak kerja yang sudah disepakati sebelumnya. Pemberian gaji sendiri memiliki sifat tetap, dengan jumlah sesuai periode tertentu selama pihak memenuhi kontrak dalam pekerjaan.

Istilah Yang Sering Muncul Dalam Gaji

Setelah membahas mengenai pengertian jelas mengenai gaji, tidak ada salahnya Anda mengenal pula mengenai berbagai istilah yang sering digunakan. dimana ini muncul dengan berbagai perhitungan supaya komunikasi perusahaan dengan masing-masing karyawan tetap maksimal.

Berikut ini ada beberapa istilah yang bisa Anda temukan dalam sebuah gaji secara umum, antara lain:

1. Gaji netto

Bila orang awam dalam dunia financial sering menyebutkan jenis gaji yang satu ini dengan gaji bersih. Dimana seluruh pendapatan karyawan telah diterima dalam perhitungan periode tertentu dan telah melalui proses pemotongan berbagai jenis.

2. Gaji bruto

Sebaliknya dari pengertian gaji sebelumnya, mengenai gaji bruto merupakan bentuk upah yang diberikan sebelum dilakukan proses perhitungan dari berbagai potongan. Misalnya saja seperti potongan pajak, iuran, ataupun potongan denda yang ada dalam perusahaan tersebut.

3. Annual salary

Pengertian dari istilah ini merupakan keseluruhan dari pendapatan yang telah diterima oleh pekerja selama satu tahun penuh. Bila Anda berada di Indonesia, istilah ini digunakan sebagai dasaran dalam perhitungan pajak tahunan penghasilan.

Lain halnya di negara lain yang menjadikan ini sebagai bentuk patokan dasar atas keputusan dalam dasar penggajian. Bila gaji yang diberikan tidak sesuai dengan standar, karyawan berhak untuk mengajukan tuntutan hukum.

4. Salary sacrifice

Beberapa dari Anda pasti sudah mengenal istilah ini, ya dimana ini merupakan bentuk potongan pendapatan yang digunakan oleh pekerja untuk bisa mengakses benefit lebih awal sebelum jatuh tanggal.

5. Expected salary

Memiliki artian gaji yang diharapkan merupakan besaran gaji yang diharapkan oleh seorang tenaga kerja dalam proses rekrutmen atau bisa pula ketika mengalami kenaikan jabatan dan berbagai penawaran posisi tertentu sesuai dengan keinginan.

6. Salary slip

Ini sangat diperlukan untuk berbagai pengajuan, apalagi di Indonesia sebagai syarat dalam pengambilan berbagai jenis kredit. Karena salary slip sendiri merupakan sebuah catatan yang berisikan informasi mengenai perhitungan penggajian yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan tertentu.

Tentu hal itu disertai pula dengan berbagai komponen pengurangan dan penambahan sesuai dengan perhitungan.

Umumnya untuk slip gaji sendiri diberikan sesuai dengan waktu penggajian, saat modern ini banyak slip yang menggunakan soft file sehingga tidak berbentuk lembaran kerja seperti jaman dahulu.

Meskipun memang masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan cara lama dalam memberikan informasi kepada karyawan mengenai penggajian tersebut.

Data Yang Diperlukan Dalam Penggajian

Sistem penggajian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bisa berjalan lancar atas dasar berbagai data penting didalamnya. Dengan begitu tidak akan masalah seperti keterlambatan, sehingga pembayaran yang dilakukan lebih teratur.

Sebelum membahas mengenai apa saja itu pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia perlu pahami terlebih dahulu data yang diperlukan dalam penggajian, antara lain:

1. Data konstan

Dari namanya sudah diketahui jika data ini merupakan konstan dan tidak berubah dalam sistem penggajian. Hanya perlu dimasukkan pada awal dan tidak perlu dilakukan pemasukan secara berkala dalam setiap periode penggajian.

Umumnya data konstan tersebut terdiri dari nama karyawan, NPWP, status pernikahan, jumlah tanggungan, jumlah gaji, jumlah penghasilan kena pajak, sampai dengan iuran BPJS yang diperlukan setiap bulannya.

2. Data variabel

Kebalikan dari data sebelumnya yang berarti data yang tidak tetap dan bisa saja berubah ketika periode penggajian dilakukan.

Makanya dalam setiap kali perlu untuk melakukan pengubahan supaya sistem penggajian berjalan dengan aman dan lancar.

Jenis data tersebut ada beberapa antaranya jumlah jam, hari kerja, hari libur, penghasilan dan potongan pajak, jumlah ijin, cuti ataupun sakit dan lainnya.

Bagaimana Sistem Penggajian Dari Perusahaan Dikatakan Baik

Ketika sudah masuk daftar pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia sudah tentu berada dalam naungan yang tidak perlu diragukan. Artinya baik pemerintahan, swasta, ataupun perusahaan lainnya sudah tidak jelas sistemnya.

Begitu pula dalam proses penggajian, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui seperti apa pembayaran pekerja yang dikatakan baik. Apalagi dalam satu perusahaan dan perusahaan lain bisa saja berbeda. Berikut ini ciri yang bisa Anda kenali antara lain:

  1. Sebelum melakukan pembayaran gaji kepada karyawan, pada tim HRD menggunakan data yang sudah dikatakan diatas. Data konstan dan data variabel yang sudah dipastikan valid sehingga akan menentukan penghasilan yang bisa diberikan kepada karyawan. Umumnya dalam perusahaan besar sudah menggunakan sistem atau aplikasi kepegawaian sendiri.
  2. Setelah itu HRD akan melakukan penghitungan pajak penghasilan sesuai dengan jabatan dan ketentuan dalam pemerintah. ini harus diperhatikan mengenai berbagai komponen penting lainnya.
  3. Selanjutnya mendapatkan rekapan perhitungan gaji baik dari sebelum pemotongan pajak dan sudah dengan perincian. Ini bisa dikatakan pada slip gaji, sehingga karyawan paham apa saja yang didapatkan dan harus dibayarkan.
  4. Lalu akan kembali dilakukan pengecekan pada bagian devisi keuangan perusahaan sebelum akhirnya mencairkan dana yang diperlukan.
  5. Namun sebelumnya seluruh dokumen yang berisikan rincian gaji karyawan akan diminta persetujuan dari pihak pemimpin perusahaan terlebih dahulu.
  6. Terakhir proses payroll akan dilakukan sesuai dengan jumlah yang ditentukan kepada masing-masing karyawan.

Apa Saja Pekerjaan Dengan Gaji Terbesar Di Dunia

Setelah membahas lengkap mengenai pengertian gaji sampai dengan proses penggajian yang dikatakan baik pada perusahaan. Tiba saatnya untuk membahas mengenai apa saja pekerjaan yang dikatakan memiliki gaji paling besar di dunia.

Meskipun semua orang menginginkan pekerjaan tersebut, namun dalam kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi menduduki posisi yang dikatakan pendapatan membuat terkejut.

Bukan hanya pendidikan tinggi yang diperlukan namun berbagai faktor lain yang perlu tenaga, fikiran dan biaya yang harus dikeluarkan.

Bagi Anda yang penasaran pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia apa saja, berikut ini ada beberapa diantaranya:

1. Data scientist

Untuk jenis profesi pertama dengan gaji terbesar adalah data scientist, mungkin beberapa dari Anda masih asing. Benar saja karena jenis pekerjaan yang satu ini masih tergolong baru, namun pendapatan yang bisa didapatkan mengejutkan.

Bagaimana tidak, pada tahun 2015 lalu saja dikabarkan profesi ini dapat diberikan gaji sampai dengan 124 dollar setiap tahunnya. Bila di Indonesia bisa dikatakan 1.3 miliar rupiah.

Namun untuk bisa mendapatkan gaji sebesar itu tidak mudah, apalagi pendidikan yang harus dilakukan cukup panjang. Mulai dari pemahaman mengenai computer science atau software engineering. Selain itu penting pula ilmu bisnis, ekonomi, marketing, manajemen sampai dengan operasional yang harus dikuasai.

2. Insinyur penerbangan

Bisa membahas mengenai sekolah pada jurusan teknik penerbangan saja sangat susah apalagi jika harus dikatakan sebagai insinyur.

Tentu hal itu sepadan dengan gaji yang bisa didapatkan setelah lulus karena Anda bisa mendapatkan lebih dari 850 juta pertahun. Namun nominal tersebut akan terus mengalami peningkatan seiring dengan waktu dan performa yang diberikan pada sebuah perusahaan penerbangan.

3. Pilot pesawat terbang

Masih dalam dunia penerbangan yang masuk dalam deretan pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia saat ini. Dimana seorang pilot mampu mendapatkan 240 ribu dolar tetapi dengan berbagai resiko yang perlu dihadapi dan bertanggung jawab besar atas keselamatan para penumpang.

Untuk bisa menjadi pilot sendiri tidak sembarangan, perlu banyak latihan, sekolah sampai dengan seleksi yang ketat sampai menjadi profesional pilot dengan jam terbang tinggi.

4. Ahli teknologi nuklir

Jangan artikan seseorang yang ahli dalam teknologi nuklir itu ahli pula dalam pembuatan bom dan berbagai barang bahaya lainnya.

Meskipun ilmunya mirip namun untuk profesi yang satu ini lebih kepada pendalaman mengenai fisi nuklir sebagai sumber energy yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Dimana para ilmuan tersebut digaji dengan nominal tinggi yaitu 1.4 miliar tetapi juga tergantung dari kesulitan yang dikerjakan.

5. Arsitek

Seorang arsitek yang professional bukan hanya dapat mengabarkan sebuah bangunan yang akan dibangun. Lebih dari itu juga memperhatikan dampak terhadap lingkungan atas bangunan tersebut dan berbagai hal penting lainnya.

Sedikit saja salah dalam perhitungan pasti akan memberikan masalah besar. Tidak heran jika pendapatan yang diterima cukup mahal mulai dari 1 sampai dengan 2 miliar namun melihat jam terbangnya terlebih dahulu.

Diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak pekerjaan dengan gaji terbesar di dunia ini, menurut Anda mana yang lebih menarik? Jangan hanya terkejut atau geleng-geleng melihat nominal uang setiap profesi, namun perlu pahami pula usaha yang dilakukan untuk mendapatkan itu semua.

Tidak semudah yang dibayangkan memang makanya bayaran juga seimbang. Semoga sedikit ulasan diatas dapat memberikan tambahan informasi dalam menentukan karir masa depan.

Baca Juga :


27 May 2024