Sampai saat ini, banyak orang yang masih bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), atau yang sekarang dikenal dengan nama Aparatur Sipil Negara (ASN). 


Banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan menjadi PNS ini adalah pekerjaan idaman yang menjamin penghidupan yang layak dan bekerja hanya dengan mengikuti sistem yang sudah ada tanpa harus berpikir terlalu keras lagi.

Kenyataannya, memang para PNS tersebut mendapat gaji bulanan yang cukup besar bagi sebagian besar orang Indonesia. 

Jumlah gaji ini pun tidak dipengaruhi oleh berbagai keadaan yang membuat perekonomian masyarakat menurun, seperti pandemi Covid-19 ini.

Tidak hanya itu saja, adanya tunjangan, bonus, dan dana pensiun juga membuat semakin banyak orang yang ingin menjadi PNS.

Untuk menjadi PNS, satu-satunya cara yang dapat Anda tempuh yaitu dengan mengikuti sebuah seleksi yang bernama Calon PNS (CPNS). 

Menurut sebagian besar masyarakat Indonesia, CPNS dianggap sebagai seleksi yang sangat sulit, dan peluang lolosnya pun juga sangat sedikit. Bahkan, kebanyakan orang yang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menjawab soal-soal CPNS pun juga tidak merasa percaya diri ketika menghadapi CPNS yang sebenarnya. 

Hal ini disebabkan karena sejak dulu, pelaksanaan CPNS sarat akan kecurangan, sehingga orang yang sudah mampu pun juga sering merasa pesimis terhadap hasil tes CPNS-nya.

Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti ini, banyak lembaga swasta dan perseorangan yang mulai menggeluti bisnis bimbingan belajar (bimbel) CPNS. 

Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang pendidikan yang menyasar seluruh masyarakat Indonesia berusia produktif yang sedang mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS. 

Sampai saat ini pun, sudah banyak lembaga-lembaga bimbel yang tersebar di berbagai kota-kota dan desa-desa di Indonesia.

Mungkin, karena saking banyaknya lembaga bimbel yang Anda temukan di sekitar Anda, Anda kebingungan memilih bimbel yang cocok membantu proses persiapan CPNS Anda. Lantas, kalau sudah bingung begitu, apa yang harus Anda lakukan agar Anda dapat memilih bimbel CPNS yang tepat?

Cara Memilih Bimbel CPNS

Berikut ini beberapa cara dan tips yang dapat Anda terapkan agar Anda dapat memilih bimbel CPNS yang cocok untuk Anda. Agar cara-cara ini dapat memberi manfaat yang maksimal untuk Anda, maka sebaiknya ikuti cara ini secara berurutan dari awal hingga akhir.

  1. Bertanya pada Orang

Sebelum Anda berniat untuk mengunjungi dan mensurvei beberapa bimbel, tidak ada salahnya jika Anda bertanya pada kerabat, teman, atau saudara Anda yang sudah pernah belajar di bimbel CPNS. Minta referensi dari kerabat Anda tersebut, atau dorong mereka untuk bercerita tentang pengalaman mereka belajar di sebuah bimbel CPNS.

Dengan Anda bertanya sebelum mensurvei, Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga untuk berkeliling kesana kemari untuk mensurvei beberapa bimbel, sehingga survei Anda nantinya dapat lebih fokus. 

Selain itu juga, dengan Anda bertanya, Anda akan mendapat cerita yang berisi fasilitas serta realita saat mengikuti bimbel. 

Mendengar cerita-cerita seperti ini dapat membuat Anda untuk tidak berekspetasi terlalu tinggi terhadap bimbel CPNS tersebut, karena pada dasarnya segala tes CPNS Anda nantinya akan sangat bergantung pada seluruh persiapan yang sudah Anda lakukan, bukan persiapan melalui bimbel saja.

  1. Survei Lokasi dan Kondisi Bimbel

Setelah Anda bertanya kepada beberapa kerabat dan teman Anda, Anda bisa memulai survei beberapa bimbel yang sudah disebutkan oleh orang-orang yang Anda tanya. 

Dalam proses mensurvei ini, faktor lokasi dan daerah letak bimbel tersebut harus benar-benar Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memilih lokasi yang terlalu jauh dari tempat tinggal Anda, karena jarak yang terlalu jauh tersebut dapat menghambat mobilitas Anda.

Daerah bimbel tersebut juga harus Anda cek. Misalkan, jika bimbel tersebut berada di daerah yang rawan kemacetan dan memiliki angka kriminalitas yang tinggi, maka Anda sebaiknya pikirkan ulang untuk memilih bimbel tersebut. 

Kemacetan yang sering terjadi di suatu daerah dapat membuat waktu Anda banyak terbuang selama di perjalanan, walaupun secara jarak bimbel tersebut tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

  1. Cek Reputasi dan Pengalaman dari Bimbel Tersebut

Setelah Anda sampai di suatu bimbel, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sejarah dan reputasi yang sudah dimiliki oleh bimbel tersebut.

Biasanya, tulisan-tulisan mengenai sejarah dan reputasi bimbel akan tertempel di dinding bimbel tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan sedikit waktu Anda untuk membaca sejarah tersebut.

Selain itu, reputasi berupa testimoni dari peserta bimbel juga harus Anda perhatikan. Testimoni tersebut dapat memberi gambaran tentang seberapa suksesnya bimbel tersebut dalam membantu pesertanya saat persiapan CPNS. 

Testimoni bimbel ini juga dapat Anda lihat dari Google Reviews, jika lokasi bimbel tersebut sudah terdaftar pada Google Maps.

  1. Tanyakan Program yang Dimiliki Bimbel

Ketika Anda sampai di suatu bimbel, Anda akan disapa oleh resepsionis yang biasanya bertugas untuk memberikan informasi kepada calon-calon muridnya. 

Nah, pada saat itulah Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang bimbel tersebut, termasuk salah satunya adalah program yang ditawarkan.

Biasanya, bimbel-bimbel CPNS memiliki berbagai jenis program sehingga murid dapat memilih program yang sesuai dengan kebutuhannya. Pastikan agar program tersebut benar-benar jelas, realistis, tidak muluk-muluk dan dengan fasilitas yang jelas pula. 

Jika Anda berniat untuk mengikuti program intensif agar Anda bisa siap dalam jangka waktu yang singkat, maka jangan memilih program intensif yang durasi belajarnya 12 jam sehari, misalnya.

Walaupun program tersebut memang lebih intens, tetap tidak baik rasanya jika Anda dituntut untuk belajar 12 jam sehari, apalagi tanpa diselingi istirahat. 

Jika ada bimbel yang menawarkan program intensif seperti itu, maka Anda dapat memikirkan ulang untuk memilih bimbel itu. Cari bimbel lain dengan program yang lebih realistis, sehingga Anda pun akan mendapat manfaat yang maksimal dari bimbel tersebut.

  1. Survei Harga dari Berbagai Bimbel

Nah, faktor ini sudah pasti Anda harus pertimbangkan. Walaupun bimbel tersebut menawarkan program yang menurut Anda sangat bagus, Anda juga harus pikirkan biaya untuk mengikuti program itu. Jangan sampai Anda memilih satu program yang melebihi budget Anda.

Misalkan saja, jika Anda ingin mengikuti kelas eksklusif yang biayanya lebih mahal daripada program lainnya, pastikan agar kelas tersebut memang sesuai dengan jumlah uang yang Anda keluarkan.

Dengan Anda mempertimbangkan faktor biaya ini, Anda akan lebih bijak untuk mengambil keputusan dalam hal memilih bimbel CPNS.

  1. Cek Durasi Program

Selain biaya, faktor penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan saat mensurvei bimbel adalah durasi dari program tersebut. 

Idealnya, seorang peserta CPNS harus sudah memulai persiapan sekitar tiga bulan sebelum jadwal tes. Nah, pastikan agar program yang Anda pilih memiliki durasi program sekitar tiga atau empat bulan.

Jangan memilih program yang durasinya terlalu lama, atau yang terlalu sebentar. Durasi program yang terlalu lama membuat persiapan Anda kurang efektif, sementara durasi persiapan yang terlalu sebentar membuat persiapan Anda tidak matang.

  1. Tanyakan Profil Pengajar/Tutor Bimbel Tersebut

Seorang guru yang berkompeten akan mampu menghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Hal ini juga berlaku untuk semua bidang yang Anda pelajari, termasuk salah satunya dalam hal persiapan CPNS. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pengajar atau tutor yang mengajar di bimbel tersebut.

Berbicara soal profil pengajar, tentunya Anda harus memastikan kembali bahwa pengajar tersebut pernah mengikuti CPNS dan sudah mengajar di bimbel CPNS selama beberapa periode waktu tertentu. 

Setelah itu, Anda juga dapat mengecek jenjang pendidikan yang sudah ditempuh oleh pengajar tersebut dan bidang ilmu yang ditekuni olehnya.

  1. Tanyakan Jaminan yang Ditawarkan Bimbel

Banyaknya bimbel CPNS yang tersebar membuat bimbel-bimbel tersebut terus senantiasa menggencarkan proses marketing-nya. 

Nah, salah satu jargon atau teks yang paling banyak ditonjolkan oleh bimbel pada media marketing-nya yaitu adanya jaminan. 

Misalkan, jika peserta tidak lulus CPNS, maka uang bimbel yang sudah dibayarkan dijamin akan dikembalikan 100%. Atau, ada juga bimbel yang yakin bahwa semua siswanya pasti lulus CPNS.

Jika Anda menemukan jaminan yang seperti itu, tanyakan kepada resepsionis bahwa jaminan tersebut memang benar-benar ada, bukan hanya terpampang di banner saja. 

Bimbel yang memberikan jaminan seperti itu sudah pasti memiliki kualitas yang baik, karena mereka sudah yakin akan hasil yang diterima siswa saat belajar di bimbel tersebut. Pastikan agar Anda bisa mendapat jaminan seperti itu, agar nantinya jika Anda tidak lulus CPNS, Anda tidak terlalu rugi dalam hal waktu dan biaya.

  1. Tanyakan Fasilitas yang Dimiliki Bimbel

Salah satu faktor keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang ada pada kelas tersebut. Hal ini pun juga berlaku pada saat Anda belajar soal-soal CPNS. 

Keberhasilan Anda saat belajar CPNS salah satunya dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas yang Anda miliki, dan yang bimbel tersebut miliki. Pastikan agar fasilitas yang bimbel tawarkan sesuai dengan program dan harga yang sudah Anda pilih.

Misalkan, karena CPNS saat ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), maka setidaknya bimbel CPNS juga menyediakan fasilitas komputer agar siswa dapat mencoba menggunakannya. 

Atau, jika Anda mengikuti kelas eksklusif yang menawarkan fasilitas penginapan, pastikan agar penginapan tersebut dapat Anda nikmati tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

  1. Cek Persyaratan Awal untuk Mendaftar

Nah, setelah Anda bertanya tentang semua hal di atas, maka yang terakhir Anda harus tanyakan adalah mekanisme atau persyaratan Anda untuk mendaftar. 

Pastikan agar syarat mendaftar tersebut dapat Anda penuhi dengan mudah, agar waktu belajar Anda dapat lebih efektif dan tidak terkendala di tahap pendaftaran. 

Sebagai contoh, jika bimbel tersebut mengharuskan Anda untuk langsung membayar 100% saat mendaftar, tentu itu akan memberatkan Anda terutama bagi Anda yang kondisi keuangannya pas-pasan.

Itulah sepuluh cara memilih bimbel CPNS yang dapat Anda ikuti. Nah, jika Anda belum berhasil mendapat bimbel yang sesuai, walaupun Anda sudah mengikuti semua cara ini, maka Anda dapat ulangi dari cara pertama hingga cara terakhir kepada bimbel yang berbeda. Pastikan agar bimbel tersebut memang benar ada dan tidak fiktif, sehingga Anda tidak akan dirugikan nantinya.


19 Apr 2022